SAMBUT HUT BHAYANGKARA KE-77, POLRES BAUBAU GELAR BAKTI KESEHATAN DONOR DARAH

BAUBAU, TRIBUNBUTON.COM – Sebanyak 129 orang dari berbagai kalangan di Kota Baubau Provinsi Sulawesi Tenggara (Sultra) ikut mendonorkan darahnya. Dalam rangkaian kegiatan yang digelar Polres Baubau. Menyambut HUT Bhayangkara ke-77, pada 1 Juli 2023.

Kegiatan bakti kesehatan Donor Darah yang dipusatkan di Lippo Plaza Buton itu menghasilkan 44 kantung yang terdiri dari darah O sebanyak 44 kantong. Golongan darah A sebanyak 28 kantong, darah B sebanyak 28 kantong dan golongan darah AB sebanyak 3 kantong. Dengan jumlah keseluruhan 103 kantong.

Press release Kasi Humas Polres Baubau, AKP Abdul Rahmad, mengatakan Kapolres Baubau, AKBP Bungin Masokan Misalayuk SIK, mengapresiasi sejumlah kalangan yang terlibat dalam kegiatan itu. Karena bakti kesehatan donor darah merupakan wujud nyata kepedulian keluarga besar Polres Baubau terhadap masyarakat yang membutuhkan darah. Dimana satu kantong darah bisa menyelamatkan nyawa seseorang.

“Kegiatan donor darah ini sekaligus membantu ketersediaan stok darah di PMI Buton di Kota Baubau. Semoga apa yang kami lakukan ini akan bermanfaat bagi masyarakat, terutama yang membutuhkan transfusi darah,” ujar Kapolres Baubau dalam press releasenya.

Untuk diketahui, bakti kesehatan donor darah tersebut diselenggarakan atas kerja sama Polres Baubau dengan UTD PMI Buton yang berada di Kota Baubau.
Adapun jumlah animo yang mengikuti Donor Darah antara lain personel Polres Baubau sebanyak 58 orang, TNI 13 orang, Instansi terkait 22 orang, Karyawan Swasta 16 orang, Mahasiswa 1 orang dan masyarakat umum 19 orang dengan jumlah keseluruhan 129 orang.

Sebelum mendonorkan darahnya, para peserta wajib menjalani pemeriksaan kondisi kesehatan oleh tim medis yaitu pengecekan suhu tubuh, timbang berat badan, cek tekanan darah dan pemeriksaan hemoglobin (HB).Donor darah hanya bisa dilakukan peserta yang memenuhi syarat kesehatan. (Tribunbuton.com/adm)