PIMPIN APEL PAGI GABUNGAN, WABUP BUTUR TITIP PESAN

BUTUR, TRIBUNBUTON.COM – Wakil Bupati (Wabup) Kabupaten Buton Utara (Butur) Sulawesi Tenggara (Sultra), Ahali MH, menegaskan apel gabungan setiap hari Senin adalah kewajiban bagi seluruh ASN. Termasuk pimpinan Organisasi Pimpinan Daerah (OPD).

Penegasan itu disampaikannya saat memimpin apel gabungan di halaman Kantor Bupati Butur. Senin 12 Juni 2023.

Karena apel dimaksud sebagai bentuk kewajiban lanjut Wabup Butur. Sehingga suka maupun tidak suka serta mau atau tidak mau harus dilaksanakan secara sadar dan rutin.

Dikatakannya, apel gabungan tersebut bertujuan mengukur tingkat kedisiplinan bagi setiap ANS. Serta barometer untuk mengetahui kesiapan ASN dalam memulai melakukan aktifitas pada hari itu sesuai tupoksinya masing-masing.

“Apel pagi ini bukan sekedar di ada-adakan tapi ada tujuannya dan sesuai dengan ketentuan dan peraturan kepegawaian yang berlaku,” kata Ahali.

Untuk kelancaran pelaksanaan apel pagi maupun sore disetiap OPD lanjutnya. Harus tertanam rasa disiplin dalam jiwa setiap ASN. Tidak ada tekanan karena menjadi ASN adalah pilihan untuk mengabdi terhadap bangsa dan negara serta mendapatkan jaminan hidup sesuai aturan.

Jika kedisplinan itu tidak tertanam dalam jiwa dan dipahami lebih jauh. Dikhawatirkan mengalami kesulitan dalan penerapannya. Bahkan tak menutup kemungkinan membuat ASN bersangkutan menjadi malas.

“Menjadi ASN itu adalah pilihan, oleh karena itu segala bentuk kegiatan yang menjadi kewajiban harus dilaksanakan dengan sebaik-baiknya demi tercapainya tujuan,” tegasnya.

Ahali, menambahkan seorang ASN tidak diperkenankan membiasakan diri untuk meminta-minta jabatan. Karena meminta jabatan konsekuensinya besar. “Jika tidak mampu menjalankan tugas dengan baik, kemudian tidak usah mencari beking serta dukungan dari pihak lain untuk mendapatkan jabatan tertentu,” tambahnya.

Wakil Bupati Butur menghimbau peserta apel agar mempertahankan serta meningkatkan disiplin dan etos kerja. ASN yang belum sadar untuk bergabung dalam apel gabungan setiap hari Senin, Ahali, berharap cepat terketuk hatinya untuk menyesuaikan dan bergabung. (Tribunbuton.com/Asm)