MASUK RADAR PARTAI GOLKAR BALON BUPATI BUTUR, BEGINI TANGGAPAN ABU HASAN

BUTUR, TRIBUNBUTON.COM – Mantan Bupati Buton Utara (Butur) Sulawesi Tenggara (Sultra), Abu Hasan, tanggapi positif pernyataan Ketua DPD II Partai Golongan Karya (Golkar) Butur, Sujono.

Atas dimasukannya nama Abu Hasan dalam radar DPD II Partai Golkar Butur. Sebagai salah satu bakal calon (Balon) Bupati Butur di Pilkada serentak 2024 dari parpol berlambang pohon Beringin.

“Jadi yang disampaikan Ketua DPD II Partai Golkar Butur, secara pribadi tidak salah. Dimana sejak dini dilakukan pemantauan balon Bupati,” ungkap Abu Hasan, via pesan WhatsApp , Senin 12 Juni 2023.

Ketua Badan Pemenangan Pemilu (Bapilu) DPD II Partai Golkar Sultra wilayah Kepulauan itu mengatakan saat ini Partai Golkar sedang fokus pada Pemilihan Calon Anggota Legislatif (Pilcaleg) 2024. Dengan target bisa meraih suara signifikan dari kursi legislatif pada Pemilu 2019 lalu. Untuk semua tingkatan mulai DPRD kabupaten/kota. Provinsi, dan DPR RI.

“Hasil Pilcaleg akan menjadi bahan evaluasi kinerja DPP terhadap DPD Provinsi dan DPD Provinsi kepada DPD kabupaten/kota,” kata Abu Hasan.

Menurutnya, proses pemantauan Bacabup ada dua kategori. Pemantauan secara pribadi maupun secara kelembagaan Partai Golkar. Namun, kesimpulan dari semua hasil pantauan itu ada pada DPP Partai Golkar.

“Partai Golkar itu partai besar dan tertua diantara 18 partai yang lolos Pemilu 2024. Pemantau balon Bupati itu dilakukan mulai dari struktur paling bawah, desa dan kelurahan hingga tingkat pusat atau DPP. Partai Golkar itu punya sistem, punya mekanisme dan punya kultur,” bebernya.

Setelah level pantauan dilakukan lanjut Abu Hasan, akan dilakukan penilaian berupa Prestasi, Dedikasi, Loyalitas, dan Tidak Tercela (PDLT). Setelah itu dilakukan pengambilan keputusan oleh DPP Partai Golkar.

“Tentunya Partai Golkar akan membandingkan semua bakal calon yang dipantau, termasuk gagasannya untuk pembangunan Buton Utara kedepan. Namun yang tak kalah penting adalah kandidat yang diusung tidak melakukan perbuatan tercela,” ujarnya.

Untuk diketahui, sebelumnya Ketua DPD II Partai Golkar Butur Sujono, mengatakan Partai Golkar tengah memantau tiga Balon Bupati Butur yang mengemuka dikalangan masyarakat.

Ketiga Bacabup tersebut adalah figur yang pernah menduduki jabatan strategis dan sedang menjabat di daerah. Yakni Abu Hasan (mantan Bupati Butur), Diwan (mantan Ketua DPRD Butur) dan Muh Hardy Muslim (Sekda Butur saat ini). (Tribunbuton.com/Asm)