DINKES BUTUR GELAR SOSIALISASI KABUPATEN KOTA SEHAT


BUTUR, TRIBUNBUTON.COM

Dinas Kesehatan (Dinkes) Kabupaten  Buton Utara (Butur) gelar kegiatan sosialisasi Kabupaten Kota Sehat (KKS). Kegiatan yang baru pertama kali digagas   ini guna untuk menjadi salah satu program prioritas Dinkes di tahun 2021 yang akan datang.

Asisten Administrasi Umum Sekretariat Daerah Butur, Mansur, mengatakan subtansi sosialisasi kegiatan KKS adalah pemberdayaan masyarakat terkhusus di bidang kesehatan dan penanganan gizi buruk masyarakat. Pemerintah memfasilitasi kegiatan yang terkait dengan kesejahteraan masyarakat.

"Program KKS melibatkan berbagai unsur Organisasi Perangkat Daetah (OPD). Kerjasama dan kolaborasi antar dinas terkait sangat dibutuhkan untuk menunjang keberhasilan kegiatan ini. Program Kota Sehat muaranya dari masyarakat untuk masyarakat namun tidak lepas dari intervensi dari pemerintah daerah sebagai pembina," jelasnya saat membuka kegiatan sosialisasi di Aula Kantor Dinkes, 4 November 2020.

"Kalau kita berbicara masalah pemerintahan, sejatinya pemerintah itu hanya memfasilitasi serta membina masyarakat.  Diharapkan intervensi pemerintah kedepan sudah semakin berkurang. Karena apapun yang terjadi kedepan itu bahwasanya masyarakatlah yang lebih berperan menentukan program prioritas dilingkungan sekitarnya. Apalagi menyangkut masalah standar pelayanan kesehatan," ucapnya.


Di tempat yang sama, Plt Kadis Kesehatan Butur, Marsuli, memaparkan Kab/kota sehat adalah  suatu kondisi lingkungan yang bersih, nyaman, aman dan sehat untuk dihuni penduduk. Kondisi lingkungan yang sehat dapat dicapai melalui penerapan beberapa tatanan program kegiatan KKS. Yang terintegrasi dan disepakati masyarakat bersama pemerintah daerah,"paparnya.

Eks Kabag Umum Setda itu menambahkan, sasaran program KKS adalah tercapainya kondisi  Kab/Kota yang hidup bersih, nyaman, aman & sehat untuk dihuni. Sehingga dengan terlaksananya berbagai program kesehatan dan sektor lain diharapkan dapat meningkatkan sarana produktifitas perekonomian masyarakat.


Selain itu tujuan dari program KKS yakni terlaksananya program kesehatan dan sektor ekonomi rakyat melalui pemberdayaan forum yang disepakati masyarakat. Membentuk forum masyarakat dan tim pembina dalam upaya peningkatan lingkungan fisik, sosial, budaya serta perilaku dan pelayanan kesehatan agar terwujudnya kondisi yang kondusif ditengah kehidupan sosual masyarakat.

"Dinkes memperkenalkan lebih awal program KKS di Butur untuk menjadi salah satu program di tahun 2021. Agar Lebih awal terbentuk forum kabupaten, kecamatan dan desa. Pada prinsipnya dinas kesehatan sebagai linning sektor utama tentu akan mengalokasikan anggaran untuk setiap forum yang akan terbentuk nanti," tutupnya. (m1)