BUPATI BUTON SERAHKAN 350 SERTIFIKAT UNTUK WARGA


BUTON, TRIBUNBUTON.COM

Bupati Buton La Bakry menyerahkan 350 Sertifikat Hak Milik (SHM) tanah ke masyarakat transmigrasi Unit Permukiman Transmigrasi (UPT) Lapokamata di Desa Rejosari Kecamatan Lasalimu Selatan, Rabu 11 November 2020.

Bupati Buton, La Bakry, menjelaskan penyerahan ratusan sertifikat sebagai bukti kepemilikan tanah yang sah. Sertifikat juga dapat memberi kepastian hak atas kepemilikan tanah yang berkekuatan hukum guna mengurangi sengketa tanah.

"Semoga sertifikat yang dibagikan dapat bermanfaat bagi warga transmigrasi dan menggunakan sertifikatnya dengan baik dan benar tidak boleh dijual", tuturnya.

Kata dia, sertifikat yang dibagikan itu meliputi lahan pekarangan dan lahan usaha satu. Sedangkan lahan usaha dua sejumlah 170 bidang tanah belum dilaksanakan pengukuran.

Dalam waktu dekat bupati akan menginstruksikan Plt Kepala Dinas PUPR untuk meninjau langsung dan mengupayakan porsi anggaran untuk pembangunan jalan aspal dan jembatan gantung dengan bentangan 50 meter. Lebih lanjut, jelas dia, Pemerintah Daerah akan membagikan bibit Kelapa dan Pala kepada masyarakat petani di akhir tahun nanti.

Pasalnya, menurut La Bakry, kelapa dan pala merupakan tanaman yang produktif dan bernilai ekonomis tinggi. "Karena bisa dituai hasilnya sepanjang tahun," tutupnya. (Cr1)