KOLEKSI TUJUH OPINI WTP, PEMKAB BUTON TERIMA PENGAHARGAAN DARI KEMENTRIAN RI

 



BUTON, TRIBUNBUTON.COM


Torehan prestasi Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Buton, Sulawesi Tenggara meraih tujuh Opini Wajar Tanpa Pengecualian (WTP) berturut-turut diganjar penghargaan dari Kementerian Keuangan Republik Indonesia (Kemenkeu RI), Jumat 23 Oktober 2020.


Asisten II Setda Buton Tohir mengaku, piagam tersebut merupakan suatu prestasi bagi Pemkab Buton dibawa kepemimpinan Bupati dan Wakil Bupati Buton, La Bakry – Iis Elianti.


“Ini juga tak lepas dari kerjasama teman-teman BPKAD dan Inspektorat, yang menghasilkan prestasi yang bagus,” tuturnya.


Ditempat yang sama, Kepala KPPN Baubau Nazuar mengatakan, ada enam Pemerintah Daerah cakupan wilayah Kepulauan Buton yang mendapatkan Opini WTP oleh Badan Pemeriksa Keuangan (BPK) atas manajamen keuangan daerah yang baik. Sala satunya yaitu Kabupaten Buton.


Lanjut Nazuar, ada sejumlah keuntungan bagi daerah yang sering meraih Opini WTP, sala satunya yaitu mendapatkan Dana Insentif Daerah (DID) oleh Pemerintah Pusat. Misalnya pada tahun 2020 ini, Kabupaten Buton memperoleh DID Rp 61,07 Miliar.


“Jadi besaran DID yang diperoleh suatu daerah tersebut dipengaruhi oleh frekuensi beberapa kali daerah tersebut memperoleh Opini WTP dari Pemerintah Pusat,” jelasnya.


Pemberian penghargaan ini bertempat di di Aula Kantor Pelayanan Perbendaharaan Negara (KPPN) Baubau, Asisten II Sekretariat Daerah (Setda) Buton Tohir, mewakili Bupati Buton, La Bakry menerima Piagam Penghargaan dari Kemenkeu. Plakat tersebut diserahkan langsung oleh Kepala KPPN Baubau, Nazuar. (Cr1)