GELAR OPS ZEBRA 2020, POLRES BUTUR SASAR DI BAWAH UMUR


BURANGA, TRIBUNBUTON.COM

Polres Buton Utara (Butur) gelar operasi (Ops) zebra 2020 yang digelar tanggal 26 Oktober sampai 8 November 2020. Operasi ini dilaksanakan secara serentak di seluruh Indonesia.

Kasat Lantas Polres Butur, Iptu Syamsuddin, 
mengatakan Polres Butur melaksanakan tugas mengacu pada aturan berlaku. Titik fokus operasi pada anak di bawah umur, tidak menggunakan helm, dan kelengkapan kendaraan seperti kaca spion, knalpot bogar serta plat. 

"Rata-rata di sini tidak menggunakan plat baik roda dua maupun roda empat, paling banyak roda dua. Kalu untuk penindakan tidak ada target, tapi kalu pelanggaranya sangat membahayakan ditindak sesuai dengan pelanggaranya," ujar Iptu Syamsuddin saat ditemui di kantornya, Senin 26 Oktober 2020.

Ia menjelaskan, penindakan 25 persen diutamakan pencegahan Covid-19 seperti menggunakan masker, cuci tangan dan jaga jarak. Operasi zebra 2020 di Buton Utara menggunakan sistem mobail untuk mencegah kecelakaan dalam hal ini menyebabkan meninggal dunia lebih dari satu. Untuk menekan terjadinya kecelakaan lalu lintas yang menonjol. Pengawasan anak dibawah umur tidak menggunakan kendaraan. "Kepada anak dibawah umur supaya orang tuanya jangan memberikan kendaraan karena jiwanya masih labil," imbaunya. (m1)