BUPATI BUTON PERESENTASE KESIAPAN JADI TUAN RUMAH PORPROV SULTRA 2022

 



BUTON, TRIBUNBUTON.COM


Kesiapan Kabupaten Buton menjadi Tuan Rumah Pekan Olahraga Provinsi (Porprov) Sulawesi Tenggara (Sultra) XIV di tahun 2022 mendatang semakin matang. Hal itu diutarakan Bupati Buton La Bakry, Rabu 21 Oktober 2020.


Bupati Buton, La Bakry, menjelaskan sebagi bukti keseriusannya, Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Buton bakal membangun fasilitas olahraga untuk menyukseskan event empat tahunan tersebut. Pembangunan sarana olahraga tersebut guna menyakinkan Pemprov dan Komite Olahraga Nasional Indonesia (KONI) Sultra, bahwa Butin siap menjadi tuan rumah Porprov.


“Kami berharap, KONI Provinsi bisa memberikan pertimbangan untuk menetapkan Buton sebagai tuan rumah event empat tahunan di Provinsi Sulawesi Tenggara,” tuturnya.


Diakuinya, bukan hanya Buton yang ingin menjadi calon tuan rumah perhelatan olahraga bergengsi masyarakat Sultra tersebut, sehingga ia menyerahkan sepenuhnya kepada KONI Provinsi yang akan menetapkannya nanti.


“Tentu dengan berbagai pertimbangan. Tapi kalau diberikan sepenuhnya kepercayaan full (Buton sebagai tuan rumah-red), kami juga sudah menyiapkan seluruh persiapan yang berkaitan dengan cabor-cabor yang dipertandingkan di event ini", teranya.


Beberapa hal yang akan dilakukan Pemkab Buton adalah membangun venue-venue olahraga di tahun 2021 mendatang. Meski tuan rumah belum ditunjuk, tapi pihaknya berharap hal-hal yang sudah dipersiapkan selama ini bisa menjadi pertimbangan KONI dan Pemprov Sultra untuk meyakinkan bahwa kita siap sebagai tuan rumah.


Sementara itu, Kepala Dispora Buton Abdul Zainuddin Napa mengatakan, pihaknya telah melakukan tahapan perencanaan pembangunan sarana-sarana olahraga di Kabupaten Buton.


Begitu juga dengan Ketua KONI Buton LM Syamsir Siri Ikrami. Ia ertekad akan menurunkan atlet yang punya kemampuan dan kualitas terbaik untuk tampil di Porprov nanti.


"Karena target kita adalah untuk juara, bukan hanya sekedar turun bertanding, sejauh ini kami juga sudah menjalin komunikasi dengan semua cabor-cabor agar mempersiapkan segala yang menjadi kebutuhan dan mempersiapkan atletnya sebaik mungkin", jelasnya. (Cr1)