IMBAUAN GUBERNUR, BEGINI HASIL KEPUTUSAN RAPAT SATGAS COVID-19 BUTON

 



BUTON, TRIBUNBUTON.COM


Satuan Tugas (Satgas) Penanganan Covid-19 Kabupaten Buton, menggelar rapat menindaklanjuti imbauan Gubernur Sulawesi Tenggara tentang peningkatan pelaksanaan protokol kesehatan dalam pencegahan penularan virus corona (Covid-19). Pada rapat ini membahas sejumlah poin yang menjadi himbauan Gubernur Sultra.


Salah satunya yaitu larangan melakukan kerumunan dalam bentuk pertemuan kegiatan sosial kemasyarakatan. Seperti pesta perkawinan, arisan, reuni, acara sosial lainnya maupun kegiatan demonstrasi, Senin 28 September 2020.


Ketua Satgas Kabupaten Buton juga selaku Bupati Buton, La Bakry memutuskan kegiatan hajatan atau pesta perkawinan tetap mengikuti protokoler kesehatan Covid-19. Namun wajib mengikuti panduan Dinas Kesehatan dan Satgas Covid-19 Kabupaten Buton. 


"Jadi Dinas Kesehatan menyiapkan panduan untuk orang yang hajatan. Harus izin terlebih dahulu di Satgas. Kemudian yang melakukan hajatan harus mengikuti panduan dari Satgas. Seperti menyiapkan masker, cuci tangan, alat deteksi tubuh, dan undangan dibatasi, tempat duduknya diatur untuk jaga jarak," jelasnya.


Sementara itu, Kapolres Buton, AKBP Adi Benny Cahyono mengungkapkan pernikahan adalah salah satu ibadah yang dianjurkan dalam Islam. Pernikahan adalah hal yang bagus, hal yang bagus tersebut tidak boleh dilarang, namun, bagi tuan rumah yang melaksanakan hajatan harus mempedomani protokol kesehatan, jika tidak sesuai maka berhak dihentikan. 


"Artinya yang wajibnya bisa dilaksanakan dulu, kita menghargai yang melaksanakan pernikahan. Itu khusus acara nikahnya saja, joget tidak, tapi sebelum dilaksanakan acara, petugas harus cek terlebih dahulu ada tidak bagian yang mengukur suhu tubuh, ada nggak cucu tangannya, posisi duduknya bagaimana, tamu yang masuk bagaimana, kalau sudah sesuai petugas suruh mundur, waktunya dibatasi satu jam atau dua jam, kalau sudah selesai kita bubarkan," jelasnya.


Rapat menindaklanjuti imbauan Gubernur Sultra ini dipimpin langsung oleh Bupati Buton, La Bakry. Dihadiri oleh Wakil Bupati Buton, Iis Elianti, Sekda Buton, Zilfar Djafar, Kapolres Buton AKBP Adi Benny Cahyono, Danramil Pasarwajo Kapten Inf Bahari mewakili Dandim Buton, Kepala OPD, Kepala Puskesmas, Aparat TNI-POLRI dan  Perwakilan dari Kejaari Buton. (Cr1)