PENGUKUHAN RT/RW DAN LPM, WALIKOTA KENDARI: JAGA POLA HIDUP SEHAT

 


KENDARI, TRIBUNBUTIN.COM


Walikota Kendari, Sulkarnain Kadir SE ME memberikan sambutan dalam pengukuhan ketua RT, RW dan LPM terpilih periode 2020-2025 se-Kelurahan Kemaraya, Kota Kendari. Ia mengimbau untuk mengimplementasikan pola hidup sehat untuk terbebas dari pandemi Covid 19.


"Masyarakat tradisional Indonesia sebenarnya telah memiliki perkumpulan warga yang sifatnya mandiri dan terlepas dari struktur pemerintahan negara, sesuai dengan kodratnya manusia sebagai makhluk sosial, maka individu - individu dalam suatu lingkungan tertentu membentuk perkumpulan yang memudahkan mereka memenuhi kebutuhan hidupnya, sebagai perpanjangan tangan pemerintah, RT dan RW dituntut bekerja lebih baik sebagai pelayan masyarakat dikarenakan lebih sering berada ditengah masyarakat," jelasnya, Selasa 18 Agustus 2020.


Kegiatan dihadiri Ketua Komisi 1 DPRD Kota Kendari, Camat Kendari Barat, Sekcam Kendari Barat, lurah se Kecamatan Kendari barat, Ketua LPM Kelurahan Kemaraya, Ketua RT dan RW se-Kelurahan Kemaraya, tokoh masyarakat, tokoh agama dan ketua Karang Taruna Kelurahan Kemaraya


RT dan RW adalah lembaga yang dibentuk melalui musyawarah masyarakat setempat. RT/RW untuk mengemban pelayanan pemerintahan dan kemasyarakatan yang ditetapkan oleh Pemerintah yang diatur dalam peraturan Walikota nomor 2 tahun 2019 tentang petunjuk pelaksanaan pemilihan ketua RT dan RW.


"Akhir-akhir ini kita semua merasakan dampak dari pandemi Covid19 yang juga dirasakan dunia, sehingga kita perku disiplin satu komando mulai dari ketua RT, Ketua RW, LPM Tokoh Masyarakat hingga Tokoh Agama untuk benar-benar mempraktekkan hidup bersih," jelasnya.


Ia mengimbau kepada pimpinan RT dan RW untuk selalu mengingatkan masyarakat supaya selalu menjaga pola hidup bersih dan sehat untuk mencegah penularan Covid 19. Ia juga mengharapkan kerja sama yang baik karena tantangan ke depan semakin sulit dan RT, RW merupakan ujung tombak yang berjuang dan berusaha tanpa mengenal lelah dan menuntut apapun. (p3)