WALIKOTA KENDARI PUJI KINERJA DPRD



KENDARI TRIBUNBUTON.COM, B SALIKI

Menandai resminya rancangan peraturan daerah tentang pertanggungjawaban pelaksanaan APBD Kota Kendari T.A 2019, sekaligus penandatanganan berita acara persetujuan bersama yang dilakukan antara pemerintah Kota Kendari dengan DPRD Kota Kendari. Kegiatan belangsung dalam rapat paripurna, Senin 27 Juli 2020.

Pertanggungjawaban APBD yang merupakan rangkaian akhir dalam proses penganggaran dalam wujud pertanggungjawaban pemerintah daerah pada rakyat melalui DPRD. Oleh karena itu pelaksanaan APBD harus optimal sehingga anggaran dapat memberikan manfaat yang sebesar-besarnya bagi peningkatan kesejahteraan masyarakat yang merupakan tujuan dalam penyelenggaraan pemerintahan, pembangunan dan pembinaan kepada masyarakat.

Walikota Kendari H Sulkarnain K SE ME, didampingi Wakil Walikota Kendari, dr HJ Siska Karina Imran SKM, mengucapkan terima kasih kepada DPRD Kota Kendari dalam pertanggungjawaban pelaksanaan APBD TA 2019. Dinilai telah berupaya semaksimal mungkin agar dalam pelaksanaan pengelolaan anggaran daerah tetap mengacu pada prinsip-prinsip pengelolaan keuangan daerah yang efisien, efektif, transparan, akuntabel dilandasi tata kelola pemerintahan yang baik atau good goverment.

Sebagaimana diketahui bersama bahwa rancangan peraturan daerah tentang perencanaan pelaksanaan APBD anggaran 2019 yang telah disampaikan oleh eksekutif pada DPRD Kota Kendari pada akhir bulan Juli lalu. "Alhamdulillah kurang lebih genap satu bulan raperda ini sudah disahkan menjadi perda," kata Sulkarnain Kadir.

Menurut dia hal ini telah menggambarkan bahwa DPRD sebagai mitra pemerintah daerah yang menunjukkan kinerja yang sangat memuaskan serta sungguh-sungguh dan ikhlas dalam menyelesaikan segala tahapan pembahasan RAPERDA yang dimaksud.

"Saya menyadari bahwa selama proses pembahasan banyak menguras tenaga, pikiran, waktu, dan juga energi yang mungkin saja dalam prosesnya terjadi perdebatan, selisi pendapat namun, saya meyakini bahwa semua itu disikapi secara arif dan bijaksana serta dilandasi dengan kebesaran jiwa sehingga semua bisa berjalan dengan lancar sesuai dengan koridor dan ketentuan yang berlaku," tutupnya.(#)