SELAIN DI MESJID, SHOLAT IDUL ADHA DI BAUBAU JUGA BISA DI LAPANGAN



BAUBAU, TRIBUN BUTON (mira)

Selain di mesjid, pelaksanaan sholat Idul Adha 1441 H di Baubau juga di perbolehkan di lapangan. Hal ini di katakan oleh Kepala Kantor Kemenag Baubau, Rahman Ngkaali, Kamis 23 Juli 2020.

Kantor Kementerian Agama (Kemenag) Kota Baubau, memperbolehkan penyelenggaraan sholat Idul Adha 1441 H dilaksanakan di masjid atau lapangan dengan tetap menerapkan protokol kesehatan covid-19. Keputusan itu berdasarkan surat edaran Mentri Agama RI Nomor 18/2020 tertanggal 30 Juni 2020 dan  diterima Kemenag Baubau pada awal Juli.

Kepala Kantor Kemenag Baubau, Rahman Ngkaali menjelaskan, panitia Peringatan Hari Besar Islam (PHBI) akan menjamin sterilnya tempat ibadah dengan desinfektan. Selain itu PHBI juga akan  melengkapi fasiltas penunjang  protokol kesehatan, mulai dari sarana cuci tangan hingga alat deteksi suhu tubuh.

“Bisa saja kita laksanakan di masjid maupun lapangan tapi dengan memperhatikan protokol kesehatan,” jelas Rahman Ngkaali.

Oleh karenanya, Rahman Ngkaali meminta kepada  seluruh panitia masjid untuk menyeleksi setiap Jemaah yang akan masuk ke rumah ibadah. Kata dia jamaah yang masuk harus dalam keadaan sehat dan tidak sakit, dan membawa sejadah sendiri serta memakai masker.

Seluru umat muslim di Baubau diminta  partisipasinya untuk tidak melaksanakan sholat berjamaah  di masjid maupun lapangan jika dalam keadaan sakit. Masyarakat diharapkan dapat mematuhi protokol kesehatan yang telah di anjurkan oleh pemerintah Kota Baubau.(#)