OPERASI PATUH, SATLANTAS POLRES BAUBAU UTAMAKAN TINDAKAN PREVENTIF DAN EDUKASI



Operasi patuh 2020 akan digelar secara serentak selama 14 hari, dengan mengutamakan tindakan preventif dan edukasi kepada masyarakat. Masyarakat Baubau diminta untuk segera perisiapkan kelengkapan surat-surat kendaraan, Rabu 22 Juli 2020.

Kasat Lantas Polres Baubau, AKP Sugiri SIk menjelaskan, operasi patuh 2020 akan digelar selama 14 hari dari tanggal 23 Juli sampai 5 Agustus 2020. Namun, di masa pandemik Covid-19, kata dia, pihaknya tidak mengutamakan tindakan penilangan, akan tetapi lebih mengedepankan tindakan preventif dan edukasi kepada masyarakat untuk tetap mengikuti Protokol Kesehatan.

“Operask patuh ini kami lakukan dengan tujuan agar masyarakat dapat tetap tertib berlalu lintas namun juga tetap mengikuti pritokol kesehatan,”jelas Sugiri.

Meski begitu, dia meminta masyarakat Kota Baubau untuk mempersiapkan kelengkapan surat-surat kendaraan. Karena apabila SIM ataupun Pajak kendaraan sudah habis masa berlakunya atau mati, maka harus dilakukan perpanjangan atau di buat kembali.

Adapun tiga sasaran dalam pelaksanaan Operasi Patuh Anoa 2020 Satlantas Polres Baubau yaitu, Pengemudi yang tidak menggunakan Helm, Over Dimension Over Loading (ODOL) atau melebihi kapasitas atau tidak sesuai fungsi bagi kendaraan roda empat dan bagi kendaraan yang melawan arus. Apabila ketiga ini dilanggar akan dikenakan sanski tilang.

“Ada beberapa target yang bisa dilakulan penindakan yaitu bagi kendaraan roda dua yang menggunakan knalpot racing, dan juga bagi pengendara yang sering melakukan balapan liar,”katanya.

Sementara untuk sistem operasi kali ini, tidak menetap pada satu tempat, karena di masa pandemik Covid-19 pihaknya tidak diperbolehkan mengumpulkan masyarakat. Jadi pihaknya akan melakukan Hunting atau mencari jika dalam hunting pihaknya mendapatkan pelanggar pihaknya bisa saja melakukan penilangan. (#)