WISATA MUARA, PEMANDANGAN EKSOTIK DI PANTAI BUNGI



Barisan Nipah dan Bakau Memagari Muara

Barisan nipah dan bakau di sepanjang muara seolah menyambut kedatangan kita. Tempat ini benar-benar indah nan eksotik.

Di tengah muara, tenang tak berarus. Inilah kawasan mangrove dan nipah yang bisa menjadi salah satu reverensi destinasi wisata bagi anda yang hoby traveler.

Tempat ini cocok untuk destinasi wisata berlatarkan alam. Barisan pepohonan nipah dan mangrove menyatu dalam sebuah ekosistem yang padu.

Alur muara cukup panjang, dari hilir ke hulu kira-kira 2km. Cukup ada waktu untuk berpesta dengan ribuan barisan nipah yang menyambut kedatangan kita.

Sebuah kekayaan alam yang terpelosok di sepanjang Pantai Bungi, Kecamatan Kokalukuna, Kota Baubau. Jarak Kelurahan Bungi kira-kira 10km dari pusat Kota Baubau, untuk ke sana kita bisa naik sepeda motor atau mobil lalu menyewa perahu.

Kebetulan kami diantara oleh bapaknya Astin atau pak Abetu. Menurut dia paling pas untuk berkunjung jika air sedang pasang karena jika sedang surut muara agak dangkal.

Ada empat kali (sungai, red) yang semuanya bermuara ke tempat ini. Di antaranya kali pagi, Umalaoge, Kantalai, dan Rape.

Burung bangau terbang mengitari pepohonan ketika kami sedang melintas. Keberadaan mereka menambah keindahan suasana.(Yuhandri Hardiman/Baubau)