POLRES BAUBAU LOUNCHING 14 KAMPUNG TANGGUH HADAPI PANDEMI COVID-19



BAUBAU, TRIBUN BUTON (Mira)
Kapolres Baubau, AKBP Zainal Rio Candra Tangkari SIk, melounching sebanyak 14 kampung tangguh yang ada di wilayah Kota Baubau. Dengan tujuan membangun kesadaran masyarakat secara kolektif dalam mengahadapi masalah ditengah pandemi Covid-19 ini, Sabtu 27 Juni 2020.

Kapolres Baubau, AKBP, Zainal Rio Candra Tangkari SIK menjelaskan, kedisiplinan dengan menerapkan protokol kesehatan, baik cuci tangan, memakai masker, jaga jarak, dan selalu meningkatkan imun adalah cara ampuh untuk memutus mata rantai persebaran Covid-19. Oleh karena itulah Polres Baubau meresmikan 14 kampung tangguh untuk membangun kesadaran-kesadaran masyarakat secara kolektif dalam menghadapi permasalahan ditengah pandemi Covid-19 diwilayah itu sendiri.

Peresmian sebanyak 14 kampung tangguh beriman yang didirikan diseluruh jajaran wilayah hukum Polres Baubau diresmikan secara bersamaan. Dengan harapan embrio kampung tangguh beriman bisa lebih memotivasi semua masyarakat Kota Baubau.

"Kita sengaja memilih 'beriman' (bersih, imun dan aman) ini kearifan lokal yang kita pilih, karena cobaan ini (corona) datangnya dari tuhan, maka kita berharap dengan keimanan kita akan menyelesaikan pandemi corona ini tentu dengan bantuan tuhan," jelas Kapolres Baubau.

Sementara itu Kampung tangguh beriman Siolimbona di Kelurahan Wajo, memiliki fasilitas-fasilitas tidak hanya ketahanan pangan sayur mayur, namun terdapat juga rumah isolasi, pos pemeriksaan, posyandu serta akan ada taman pengajian anak-anak dilahan milik warga tersebut.

Di kesempatan yang sama, Wali Kota Baubau, Dr AS Tamrin mengatakan, bahwa lomba kampung tangguh  harus digemakan diseluruh wilayah sehingga menjadi motivasi bagi masyarakat untuk bergerak. Kata dia, sejatinya kampung tangguh berarti kondisi yang dinamis dalam suatu wilayah atau kawasan yang berisi keuletan, ketangguhan yang mampu mengembangkan petensi daerah dalam menghadapi tantangan, ancaman, gangguan yang berasal dari dalam maupun luar.

"Saya kira dilombakan ini maksudnya supaya memberikan motivasi, keseriusan. Makanya tadi saya tanyakan camat, lurah supaya informasi ini berantai sampaikan ke RT-RT, karena tidak ada gunanya juga kita kumpul-kumpul habis itu selesai begitu juga," ujarnya.

Peluncuran kampung tangguh beriman Siolombona, hadir Dandim 1413 Buton Letkol Inf Arif Kurniawan, ketua Pengadilan Agama Baubau, yang mewakili kepala Kejari Baubau, pejabat Polres Baubau, dan tokoh masyarakat. (#)