HARGANAS KE 27, BKKBN BAUBAU RANGKAIKAN PELAYANAN SEJUTA AKSEPTOR GRATIS



BAUBAU, TRIBUN BUTON (Mira)
Memperingati Hari keluarga Nasional (Harganas) ke 27, Badan Kependudukan dan Keluarga Berencana Nasional (BKKBN) Kota Baubau akan merangkaikan kegiatan pelayanan sejuta akseptor di 17 puskesmas Baubau. Pelayanan sejuta akseptor di Baubau akan diprioritaskan kepada peserta baru dan KB gratis ini juga diperuntukan untuk seluruh pasangan usia subur baik  pemilik kartu  BPJS maupun non BPJS.

Kadis BKKBN Kota Baubau,  Suarmawati menjelaskan, pelayanan KB serentak ditengah  covid 19 ini, akan tetap memperhatikan protocol kesehatan. Pihaknya akan melakukan dengan system jemput bola bagi peserta KB suntik dan PIL sedangkan IUD dan IMplan akan dilaksnakan di puskesmas dengan system antri dan berjarak.

"KB gratis diberikan untuk seluruh pasangan usia subur baik  pemilik kartu  BPJS maupun non BPJS,"katanya.

Adapun layanan KB gratis untuk 6 (enam) macam metode alat kontrasepsi, mulai dari PIl, IUD, suntik  hingga jenis implant.

Sementara itu, Wali Kota Baubau As Tamrin mengimbau seluruh elemen masyarakat agar mendukung program BKKBN dengan menerapkan delapan fungsi keluarga. Yaitu keagamaan, sosial budaya, cinta kasih, fungsi perlindungan, reproduksi, ekonomi, endidikan dan fungsi lingkungan.

“Hal ini dapat direfleksikan dengan melakukan empat konsep  pendekatan ketahanan keluarga yakni keluarga berkumpul , keluarga  berinteraksi, keluarga berbudaya serta keluarga peduli dan berbagi,”jelas As Tamrin dalam sambutanya pada peringatan Harganas 2020 di Rujab Wali.

Kata AS Tamrin, momen peringatan hari keluarga nasional ini bukan hanya sekedar promosi pentingnya  keluarga. Tetapi lebih jauh sebagai usaha berkelanjutan terhadap advokasi, komunikasi, dan edukasi kepada  stake holder lokal  untuk mendorong keberhasilan program keluarga berencana dan pembanguan keluarga dalam mewujudkan masyarakat maju sejahtera dan berbudaya.

pelaksanaan ceremonial Harganas ke 27 itu dilanjutkan dengan lounching  pelayanan kb gratis kepada 1.038 calon aseptor.(#)