PERINGATAN HUT RI KE-75 PEMKAB BUTON AKAN PAKAI 1500 MASKER MERAH PUTI GRATIS



BUTON, TRIBUNBUTON.COM

Pemerintah Kabupaten Buton bakal menggelar Peringatan Hari Ulang Tahun Proklamasi RI ke 75 Tahun 2020 dengan memakai masker merah putih. Pemkab Buton akan memberikan masker tersebut secara gratis kepada peserta upacara yang rencananya akan dipusatkan di Eks Kantor Bupati Buton.

Pemkab Buton melalui Dinas Koperasi dan UKM Kabupaten Buton bakal menyediakan 1500 masker merah putih. Masker tersebut diperuntukan buat peserta upacara di 6 kecamatan masing-masing mendapatkan 150 masker, sisanya akan disebar di lapangan upacara di Pasarwajo.

Bupati Buton, La Bakry menjelaskan, Untuk menggelorakan semangat peringatan HUT Kemerdekaan RI, peserta upacara akan memakai masker merah putih. Upacara akan digelar dengan tetap memperhatikan protocol kesehatan yang telah ditetapkan pemerintah.

"Upacara akan digelar secara sederhana. Termasuk pengaturan barisan peserta upacara akan diatur sedemikian, namun tetap memperhatikan juknis pelaksanaan upacara,” kata Bupati Buton, Drs. La Bakry, MSi dalam rapat membahas persiapan peringatan HUT Kemerdekaan RI di Aula Kantor Bupati Buton, Senin 3 Agustus 2020.

Lanjut dia, para camat untuk tetap
melaksanakan upacara peringatan HUT kemerdekaan di wilayahnya masing-masing. Para camat juga di perintahkan untuk masing-masing, memasang umbul-umbul untuk tetap menggelorakan semangat kebangsaan dalam peringatan HUT kemerdekaan RI.

"Semua desa dan kelurahan di seluruh wilayah Kabupaten Buton akan dinilai dalam lomba keindahan dan kebersihan desa", jelasnya.

Sementara itu, Wakil Bupati Buton, Iis Elianti mengatakan peringatan HUT kemerdekaan RI di masa pandemi Covid 19 akan berbeda dengan tahun-tahun sebelumnya. Mengingat kondisi yang dihadapi saat ini sedang memasuki masa new normal, sehingga ada aturan yang harus diikuti pada saat pelaksanaan kegiatan HUT Kemerdekaan RI. 

"Jaga jarak, pakai masker dan cuci tangan tetap harus dipatuhi oleh peserta. Untuk itu panitia harus mengatur seketat mungkin para peserta upacara", tuturnya.

Turut hadir dalam rapat tersebut, Wakil Bupati Buton, Iis Elianti, Dandim 1413 Buton, Letkol inf. Arif Kurniawan, SE, M.IPol., M.Han, Kapolres Buton, AKBP Adi Benny Cahyono, SH, SIK, MSi, perwakilan Ketua Pengadilan, OPD dan camat lingkup pemkab Buton. (cr1)