KELURAHAN LAHUNDAPE BANGUN KAMPUNG TANGGUH NUSANTARA BERBASIS TIGA DIMENSI


KENDARI, TRIBUNBUTON.COM

Walikota Kendari, H Sulkarnain Kadir SE ME, mengapresiasi warga RT13 RW 05 Kelurahan Lahundape, Kendari Barat. Warga berupaya membangun wilayahnya menjadi Kampung Tangguh Nusantara Berbasis Tiga Dimensi,  Minggu 2Agustus 2020.

"Seperti inilah yang kita harapkan agar masyarakat berinisiatif mengatasi masalah mereka secara mandiri sehingga dengan contoh yang diberikan masyarakat Kelurahan Lahundape bisa menginspirasi warga - di kelurahan lainnya," kata Sulkarnain.

Menurut dia, kalau semua sudah seperti ini maka pemerintah akan lebih terbantu dalam proses pembangunan Kota Kendari.  Artinya kalau persoalan seperti ini sudah bisa teratasi di tingkat RT dan RW maka Pemerintah kota bisa fokus untuk melakukan kegiatan-kegiatan yang sifatnya komunal atau lingkungan dan kawasan.

Ia juga mengusulkan agar membuat beberapa titik penangkap sampah di hulu sungai untuk mempermudah proses pembersihan. Sehingga yang perlu di lakukan hanya menghimbau masyarakat untuk tidak membuang sampah di sungai.

Kampung Nusantara Berbasis Tiga Dimensi adalah kampung yang menerapkan protokol Covid-19 secara swadaya sekaligus menyiapkan standar kesiapsiagaan berbasis masyarakat. Tiga dimensi terdiri dari tiga hal ketahanan yaitu kampung yang berbasis ketahanan kesehatan, keamanan, dan ketahanan ekonomi atau pangan. (p3)